Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 24 September 2013

Mengenal bahasa Ibrani: Membaca huruf ibrani

שלום עליכם! מה שלומך? אני טוב....
shalom aleikhem! Ma shlomkha? Ani tov...
'Ramadan Kareem' dalam
 tulisan Ibrani dan Arab

Wah, bahasa apa pula itu? Yapp, betul sekali itu adalah bahasa Ibrani. Sebuah bahasa rumpun semitik yang berkerabat dekat dengan bahasa Arami. Bahasa ini sedikit banyak serupa kosakatanya dengan bahasa Arab, karena masih sama-sama rumpun semitik. Berhubung penulis sudah 'sedikit lancar' setelah berotodidak 3 bulan, saya ingin berbagi sedikit mengenai bahasa ibrani. Siapa tau, walaupun belum ada kedutaan resmi, kalo sempet jalan-jalan ke Palestina ma israel setidaknya sudah bisa cas-cis-cus dikit hehehe. Lumayan, bisa langsung langsung mata-matai mereka (waduuhhh???) :3


Abjad

Bahasa ibrani ditulis sebagaimana bahasa Arab dari kanan ke kiri, tanpa tambahan vokal apapun. Semacam arab gundul laah. Lah, terus bagaimana mereka dapat baca dengan mudah? Mereka sudah sangat terbiasa. Kayak kita baca sms aja yang disingkat-singkat. Qm msh bs bc tlsn ni kn? Kita kenalan dulu dengan huruf-hurufnya yukks.

Tidak seperti bahasa Arab, bahasa ibrani ditulis dalam huruf yang lebih sedikit. Bahkan beberapa huruf dibunyikan sama. Tak usah bingung dulu, kalau sempat belajar bahasa Arab pasti langsung paham cepat maknanya. Terdapat 22 huruf. Beberapa huruf ditulis khusus apabila muncul di akhir kata. Istilahnya sofit. Nah, berikut ini huruf-hurufnya:
No.
Huruf
Nama
Bunyi
1
א
Alef
(umumnya vokal
atau tidak dibaca)
2
ב
Bet
B atau V
3
ג
Gimmel
G
4
ד
Dalet
D
5
ה
He
H
6
ו
Vav
V atau U atau O
7
ז
Zayin
Z
8
ח
Chet
Kh
9
ט
Tet
T
10
י
Yod
Y atau I atau E
11
כ ך
Kaf
K atau Kh
12
ל
Lamed
L
13
מ ם
Mem
M
14
נ ן
Nun
N
15
ס
Samech
S
16
ע
Oyin
(umumnya vokal)
17
פ ף
Pe
P atau F
18
צ ץ
Tzade
Tz
19
ק
Qup
K
20
ר
Resh
R
21
ש
Shin
Sh atau S
22
ת
Tav
T atau S
Nah, perhatikan ada huruf yang memiliki 2 bentuk. Bentuk yang sebelah kiri adalah bentuk sofit (contoh Kaf sofit ך). Hurufnya mirip-mirip yaa, jadi jangan sampai salah baca. :P

Perhatikan pula, bahwa penamaan huruf Ibrani banyak yang mirip dengan abjad Arab dan alfabet Yunani. Abjad Arab dan alfabet Yunani berkembang lebih belakangan dibanding dengan abjad Ibrani, jadi wajar jika bentuk huruf maupun nama huruf banyak yang mirip-mirip.

Naah, ini apa lagi ada huruf yang bisa dibaca lain. Bisa saya bilang tidak ada rumus baku, nanti juga ketemu feeling-nya untuk membaca. Kalau di Torah (kitab suci orang Yahudi), itu semuanya diberi tanda baca, jadi mudah membacanya tapi jadi belibet. Karena titik-titiknya dimana-mana. Untuk pembahasan di sini penulis tidak memberi tanda bacanya yaa. Soalnya, penutur ibrani aseli juga tidak memakai tanda baca sebagaimana penutur Arab.

OK, lanjut ke vokalisasi. Sistem vokalisasi (Ibrani Nikkudim נקודים)mereka lebih rumit daripada Arab. Kalau dibilang lebih mirip vokal dalam bahasa Indonesia. Hanya saja, mereka sangat teliti menempatkan bunyi tanda baca. Kalau bahasa indonesia antara obat dan oto, bunyi o sama-sama ditulis o, padahal nilai bunyinya berbeda (coba deh yang anak linguistik, pasti paham :D). Naah, kalau di bahasa ibrani semuanya harus jelas. Tapi saya hanya akan memberi pedoman cara bacanya secara umum. Untuk dialek, tekanan suku kata terjadi pada suku kata terakhir (istilahnya ultimate stress). Misal, kalau orang indonesia ucap Jakarta maka tekanan muncul pada suku Jakarta, kalau orang ibrani Jakarta.

No
Tanda Baca
Nama
Bunyi
1
אָ
Kamatz
A
2
אַ
Patach
3
אֶ
Segol
E
4
אֵ
Tzerey
5
אִ
Chirik
I
6
אֻ
Kubbutz
U
7
אְ
Shva
E dalam kena
8
וֹ
Cholam
O
9
וּ
Shuruk
U
10
אֱ
Chataf Segol
E pendek
11
אֲ
Chataf Patach
A pendek
12
אֳ
Chataf Kamatz
O pendek
13
שׁ
Shin dot
Sh
14
שׂ
Sin dot
S
15
בּ כּ פּ תּ
Dagesh
Mengubah konsonan friksi menjadi konsonan plosif (contoh: V jadi B, Kh jadi K, F jadi P, S jadi T).
Masih banyak tanda baca lainnya, hanya saja itu untuk pembacaan Torah.

Ok, sekarang kita belajar baca pelan-pelan duluuu. Disini saya tulis huruf ibrani aselinya dan transliterasi di bawahnya. Subtitle juga ada kok.... :3

שלום, שמי עלי. אני מאינדונזיה. אכשיו אני גר בבוגור.

Transliterasi: Shalom, Shmi Ali. Ani mi'Indonesia. Akhshav ani gar be'Bogor.
Terjemah    : Halo, nama saya Ali. Saya dari Indonesia. Sekarang saya tinggal di Bogor.

אני                    ani               'saya'
יום                    yom             'hari'
ארץ                  aretz           'tanah', 'tempat'
בית                   beit             'rumah'
אב                    av                'ayah'
נביא                  navi             'nabi'
שמש                 shemesh     'matahari'
עיר                    ir                 'kota'
אחד                   echad         'satu'
יד                      yad             'tangan'
אהבה                ahava          'cinta'
בן                     ben              'anak laki-laki'
רוח                   ruach           'nyawa'
חיי                    chayay         'hidupku'
כותב                 kotev            'menulis'
עולם                 olam             'dunia'
שמי                  shmi             'namaku'
ספר                  sefer            'buku'
לשון                 lashon           'bahasa', 'lidah'
עין                   ayin               'mata'
עיניים שלי        enayim shli     'kedua mataku'                            

OK, cukup sampai di sini dulu pelajarannya... lain kali disambung lagi... B'hatzlacha, L'hitraot!

בהצלחה, להתראות!

17 komentar:

Anonim mengatakan...

Di Indonesia itu kok pakek Ayin ya, kok nggak pakek Alef?
Terus penjelasan huruf yg ada dua bentuk itu gmna ya?

Fanny Lee mengatakan...

NIce would you help me to teach hebrew? :)
email me please : unicornio.fanny@gmail.com

Fanny Lee mengatakan...

Nice! Would you help me to teach hebrew? :)
email me: unicornio.fanny@gmail.com

oz1412 mengatakan...

Anonim 19 Desember 2013 16.51

"Di Indonesia" memang ditulis menggunakan huruf alef, bukan ayin. Coba dilihat yang tertulis dalam bahasa Ibraninya. Saya menulisnya dengan huruf alef... Mungkin transliterasinya yang kurang pas.. :)

huruf Ibrani dapat memiliki 2 bentuk yang berbeda. hurur-huruf yang memiliki dua bentuk yang berbeda itu antara lain: Kaf, Mem, Nun, Tzade. huruf-huruf tersebut bila ditulis di akhir kata harus memakai huruf sofit-nya, coba dilihat lagi di bentuk tabel. Ciri-ciri huruf sofit itu memiliki garis vertikal yang cukup panjang.

Anyway, Terima kasih telah berkunjung ke blog saya

Faiz MBS KS mengatakan...

syukron

Faiz MBS KS mengatakan...

sekarang bolehkah anda mengajari saya

N Abdilah mengatakan...

היסטוריה apa ini bacanya hestorih

N Abdilah mengatakan...

היסטוריה ini bacanya "historeh" ?

oz1412 mengatakan...

Fanny&Faiz: I'm sorry, i have very little knowledge about hebrew, still need more improvement.
Kalo mau, ada buku pelajaran Pengantar Bahasa Ibrani, bisa pesan di BPK... Cukup memadai bagi pemula. Tapi, buku tersebut cenderung untuk Ibrani Kuno di Alkitab. Bukan Ibrani Modern...

Abdillah: Itu bacanya "historia" artinya "sejarah"

Anonim mengatakan...

Kalau mau belajar ibrani modern bisa hub saya,,saya ada fotocopinya,,hub saya,,Aan 08388075773.

Stephanoez ryo mengatakan...

Aku aku belajar bahasa ibrani bisa gk yaah??

Robby mengatakan...

Bahasa New Hebrew:

اِسْمَعُ اِسْرٰإيل, يهوه اِلٰهُنَا. يهوه اَحَد

(אִשְׂמֲעֻ אִשְׂרֹאיל, יהוה אִלָהֻנָא. יהוה אֲחֲד)

Ubek Boy mengatakan...

Wah pembahasan yang menarik.
Numpang skrinsot gan.
Buat belajar adjab ibrani.
Salam kenal..

oz1412 mengatakan...

@ubekboy
Silakan di-screenshoot semoga bermanfaat :)

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Menarik nih bahasa Ibrani, jadi tahu ada blog pelajaran Ibrani

BELAJAR BAHASA mengatakan...

Saya senang bisa belajar bahasa Ibrani

engke mengatakan...

Saya minta tolong dituliskan dalam bahasa dan huruf Aram / Ibrani kalimat : My sheperd. Terima kasih